Nama Hari Tanggal dan Bulan Dalam Bahasa Jepang

  • Whatsapp
hari tanggal bulan bahasa jepang

Konnichiwa mina-san,,

Setelah sebelumnya kita membahasa tentang hitungan angka dalam bahasa Jepang, pada kesempatan kali ini kita akan lanjut ke materi yang membahas tentang nama-nama dan bulan dalam bahasa Jepang.

Read More

Materi ini harus kita pahami dan dihafalkan karena dalam bahasa apapun dua hal ini sangatlah penting. Bayangkan saja kalau tidak mengerti penyebutan hari dan tanggal, pasti akan sangat kerepotan di semua urusan.

Baiklah, langsung saja kita menuju ke pokok pembelajaran hari ini. Berikut ini adalah nama-nama hari, tanggal, dan bulan yang harus kita hafalkan.

1. Nama-Nama Hari Dalam Bahasa Jepang

HariBahasa JepangKanji
Kata TanyaNanyoubi何曜日
SeninGetsuyoubi月曜日
SelasaKayoubi火曜日
RabuSuiyoubi水曜日
KamisMokuyoubi木曜日
JumatKinyoubi金曜日
SabtuDoyoubi土曜日
MingguNichiyoubi日曜日

Jumlah hari di jepang tentu saja sama dengan pentuan hari diseluruh dunia. Hanya penyebutannya saja yang berbeda. Uniknya semua hari dijepang berakhiran dengan “youbi” 曜日, sehingga menjadi mudah untuk dihafalkan.

Dari semua nama-nama hari di atas, hanya berbeda di karakter huruf kanji yang pertama saja. Huruf-huruf tersebut berasal dari kanji berikut ini. 月 (bulan), 火 (api), 水 (air), 木 (kayu), 金 (emas), 土 (bumi), dan 日 (matahari). Sehingga tidak jarang di jepang hanya menuliskan simbol kanji tersebut dalam penulisan hari. Format penulisan hari dan tanggal dijepang adalah dari tahun/bulan/tanggal dan hari. Sebagai contoh tanggal penulisan artikel ini 2019年 11月 24日 ( 月 ) atau 2019年 11月 24日 月曜日。

2. Penyebutan Tanggal Dalam Bahasa Jepang

TanggalBahasa JepangKanji
Kata tanyaNannichi何日
1Tsuitachi一日
2Futsuka二日
3Mikka三日
4Yokka四日
5Itsuka五日
6Muika六日
7Nanoka七日
8Youka八日
9Kokonoka九日
10Tooka十日
11Juu ichi nichi十一日
12Juu ni nichi十二日
13Juu san nichi十三日
14Juu yokka十四日
15Juu go nichi十五日
16Juu roku nichi十六日
17Juu shichi nichi十七日
18Juu hachi nichi十八日
19Juu ku nichi十九日
20Hatsuka二十日
21Ni juu ichi nichi二十一日
22Ni juu ni nichi二十二日
23Ni juu san nichi二十三日
24Ni juu yokka二十四日
25Ni juu go nichi二十五日
26Ni juu roku nichi二十六日
27Ni juu shichi nichi二十七日
28Ni juu hachi nichi二十八日
29Ni juu ku nichi二十九日
30San juu nichi三十日
31San juu ichi nichi三十一日

Tanggal 1 sampai 10 memiliki pengucapan khusus tidak seperti yang lainnya. Selain itu tanggal 14, 20, dan 24 juga memiliki pengucapan khusus. Sedangkan tanggal yang lain hanya menambahkan kata “nichi” pada pengucapan angka jepang. Misalnya tanggal 11, bahasa jepang angka 11 adalah Juu ichi sehingga penyebutan tanggalnya adalah juu ichi nichi.

Catatan :

  • Tanggal 17 dan 27 penyebutan angka 7 menggunakan “shichi”, bukan “nana”.
  • Tanggal 19 dan 29 pelafalannya bukan “kyuu” tapi “ku”.

3. Nama-Nama Bulan Dalam Bahasa Jepang

BulanBahasa JepangKanji
Kata tanyaNan gatsu何月
JanuariIchigatsu一月
FebruariNigatsu二月
MaretSangatsu三月
AprilShigatsu四月
MeiGogatsu五月
JuniRokugatsu六月
JuliShichigatsu七月
AgustusHachigatsu八月
SeptemberKugatsu九月
OktoberJuugatsu十月
NovemberJuuichigatsu十一月
DesemberJuunigatsu十二月

Dalam penyebutan nama bulan dalam bahasa jepang sangat mudah. Tinggal menambahkan “gatsu” pada angka urutan bulan seperti tabel diatas. Bulan 1 adalah Ichigatsu, bulan 2 adalah Nigatsu, dan seterusnya sampai 12. Ingat, menggunakan “gatsu” bukan “getsu” meskipun memiliki arti sama yaitu bulan. Tetapi keduanya memiliki fungsi yang berbeda.

Catatan :

Pengucapan pada bulan 4, 7, dan 9 sedikit berbeda. Biasanya pengucapan angka 4 dan 7 adalah menngunakan “yon” dan “nana” tetapi disini menggunakan pengucapan “shi” dan “shichi”. Begitu pula angka 9 yang biasa diucapkan dengan “kyuu”, dalam penyebutan nama bulan diucapkan dengan bunyi “ku”. Jadi sebaiknya berhati-hati pada tiga poin ini.

Seperti itulah materi tentang nama bulan, tanggal, dan hari dalam bahasa jepang. Jika anda ingin bertanya sesuatu mengenai materi di blog ini, anda bisa bergabung ke grup ” Belajar Bahasa Jepang Otodidak ” dan belajar bersama-sama sesama pemula disini. Sampai jumpa di materi selanjutnya,,,

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *