Ungkapan Terima Kasih Dalam Bahasa Jepang Dan Balasannya

  • Whatsapp
bahasa jepangnya terima kasih

Meskipun belum mempelajari bahasa jepang secara mendalam, boleh dong kita mengetahui ungkapan-ungkapan yang paling banyak digunakan. Misalnya ungkapan salam dalam bahasa Jepang, selamat pagi dalam bahasa Jepang, dan juga ucapan terima kasih dalam bahasa Jepang.

Hal seperti ini sangat berguna apalagi anda adalah seorang traveler yang suka jalan-jalan ke Jepang. Sedikit mengetahui ungkapan tersebut, bisa menambah kesan anda saat traveling. Misalnya anda bisa mengucapkan terima kasih ke petugas hotel atau yang lainnya.

Read More

Ada banyak ucapan untuk mengungkapan rasa terima kasih dalam bahasa Jepang. Namun anda perlu berhati-hati saat ingin menggunakan ungkapan-ungkapan tersebut. Karena masing-masing ungkapan digunakan tergantung pada situasi dan kondisi yang berbeda-beda. Apa sajakah ungkapan-ungkapan terima kasih dalam bahasa Jepang? Berikut daftarnya untuk anda,

Macam-Macam Ucapan Terima Kasih Dalam Bahasa Jepang

Arigatou

Arigatou (baca: arigato) adalah ungkapan terima kasih yang paling populer dalam bahasa Jepang. Bahkan orang awam pun biasanya tahu arti dari kata arigatou. Arigatou memiliki arti “terima kasih” secara umum.

Kata arigatou adalah ucapan kasual atau non formal. Biasanya dipakai oleh teman dekat, anggota keluarga, atau kepada orang yang lebih muda. Selain itu juga sering digunakan saat atasan berbicara kepada bawahan.

Doumo Arigatou

Doumo arigatou (baca: doomo arigato) memiliki arti “terima kasih banyak” namun memiliki tingkatan yang sama dengan Arigatou. Sehingga hanya digunakan kepada orang dekat atau teman sebaya.

Arigatou Gozaimasu

Arigatou gozaimasu (baca: arigato gozaimas) memiliki arti “terima kasih” namun dalam bentuk yang lebih sopan. Ungkapan ini sering digunakan saat berbicara dengan orang yang belum dikenal. Misalnya saat anda belanja di toko, anda bisa memakai Arigatou gozaimasu kepada petugas toko tersebut.

Ungkapan ini juga dipakai oleh bawahan kepada atasan, atau bisa juga saat berbicara kepada senior di tempat kerja.

Doumo Arigatou Gozaimasu

Doumo arigatou gozaimasu (baca: doomo arigato gozaimas) memiliki arti “terima kasih banyak” dalam bentuk sopan atau formal. Ungkapan ini juga terkesan lebih sopan jika dibandingkan dengan arigatou gozaimasu saja.

Hontou Ni Arigatou Gozaimasu

Hontou ni arigatou gozaimasu (baca: hontoo ni arigato gozaimas) memiliki arti “sangat-sangat berterima kasih”. Kata hontou ni sendiri memiliki arti “dengan sangat”. Jadi anda bisa menggunakan ungkapan ini jika anda ingin menekankan rasa berterima kasih anda kepada lawan bicara.

Ungkapan ini bersifat formal atau sopan. Jika anda ingin mengucapkan kepada teman dekat, bisa memakai hontou ni arigatou saja.

Arigatou Gozaimashita

Arigatou gozaimashita (baca: arigato gozaimashta) memiliki arti umum “terima kasih”. Namun biasanya digunakan untuk berterima kasih kepada lawan bicara yang telah banyak membantu atau memberikan banyak penjelasan.

~mashita” sendiri menggambarkan sesuatu yang sudah terjadi. Sehingga ungkapan ini menggambarkan rasa terima kasih atas segala sesuatu yang telah lawan bicara lakukan untuk kita.

Iro Iro Arigatou Gozaimashita

Iro iro arigatou gozaimashita (baca: iri iro arigato gozaimashta) memiliki arti “banyak-banyak terima kasih”. Ungkapan ini memiliki makna seperti ungkapan sebelumnya, tetapi memberikan penekanan bahwa banyak hal atau bantuan yang telah kita terima dari lawan bicara.

Iro iro sendiri memiliki arti “bermacam-macam” atau “banyak sekali jenis”. Sehingga ungkapan ini memberikan kesan bahwa lawan bicara sudah memberikan banyak sekali bantuan.

Sumimasen

Sumimasen (baca: sumimaseng) memiliki arti umum “mohon maaf” dan biasa digunakan untuk meminta maaf saat kita berbuat salah. Namun ungkapan ini juga bisa digunakan untuk berterima kasih kepada lawan bicara.

Berterima kasih menggunakan sumimasen memberikan kesan bahwa kita sangat berterima kasih tetapi juga bernuansa minta maaf. Meminta maaf karena telah mengganggu lawan bicara atas waktu yang diberian untuk membantu kita.

Dalam situasi yang kasual atau tidak formal, anda bisa menggunakan kata gomen sebagai ganti sumimasen. Dengan begitu akan terkesan lebih santai, tetapi tidak mengurangi rasa terima kasih.

SanKyuu

Sankyuu adalah ungkapan terima kasih dalam bahasa Jepang yang diserap dari kata “thank you” bahasa Inggris. Ungkapan ini sering dipakai oleh teman sebaya karena lebih simpel dan juga terkesan santai dan gaul.

Ookini

Ookini adalah ungkapan terima kasih bahasa Jepang yang berasal dari dialek Kansai atau Kansai ben. Dialek kansai adalah logat bahasa Jepang yang dipakai oleh orang-orang daerah Osaka, Kyoto, Nara, Shiga, Hyogo, dan daerah sekitarnya.

Jika anda traveling atau jalan-jalan ke daerah-daerah tersebut, tidak ada salahnya anda memakai kata ookini untuk berterima kasih. Namun yang menggunakan ungkapan ini adalah orang tua. Anak-anak muda biasanya memakai kata arigatou.

Ooki ni memiliki arti yang setara dengan kata arigatou yaitu terkesan kasual atau santai. Jika anda ingin mengucapkan “sangat berterima kasih”, anda bisa menggunakan kata “honma ni ookini” yang setara dengan “hontou ni arigatou”.

Balasan Atau Jawaban Terima Kasih Dalam Bahasa Jepang

Sama halnya dalam bahasa Indonesia, dalam bahasa Jepang pun ada balasan yang digunakan untuk menjawab ucapan terima kasih. Ada beberapa frase untuk menanggapi ucapan terima kasih yang memiliki kesan atau nuansa yang berbeda. Apa sajakah itu? Langsung saja kita lihat berikut ini,

Douitashimashite

Douitashimashite (baca: doo itashi mashte) adalah jawaban dari Arigatou gozaimasu yang paling banyak ditemui dalam buku pelajaran bahasa Jepang. Namun fakta dilapangan, frasa douitashimashite jarang sekali digunakan di kehidupan sehari-hari.

Kochira Koso Arigatou

Kochira koso arigatou (baca: kochira koso arigato) memiliki arti “saya juga berterima kasih”. Dimana dalam kondisi lawan bicara juga merasa berterima kasih. Misalnya anda diundang oleh orang Jepang kerumahnya, lalu saat anda akan pulang orang Jepang tersebut mengucapkan terima kasih karena sudah mau datang. Lalu anda menjawab “kochira koso arigatou” karena anda juga berterima kasih karena sudah diundang ke rumahnya.

Ungkapan ini terkadang juga diucapkan “kochira koso” saja agar terkesan santai. Atau bisa juga diucapkan secara lengkap “kochira koso arigatou gozaimasu” agar terkesan sopan dan formal.

Ie Ie

Ie ie adalah ungkapan balasan arigatou gozaimasu yang paling sering digunakan. Ie ie memiliki arti atau makna “tidak apa apa” yang memiliki kesan si pemberi bantuan tidak merasa berjasa atau tidak menganggapnya sebagai hal besar. Atau dengan kata lain sebagai upaya untuk merendah.

Jika anda hendak membalas ucapan terima kasih dari lawan bicara, sebaiknya hindari membalas dengan kata “hai”. Karena bisa memberikan kesan sombong bagi lawan bicara.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *