Huruf Hiragana Lengkap Tenten Maru dan Penulisan

  • Whatsapp

Belajar Huruf Hiragana Lengkap

Dalam belajar bahasa jepang, hal yang wajib anda pelajari dan pahami pertama kali adalah hurufnya. Yaitu yang paling mendasar adalah Hiragana dan Katakana.

Berbeda dengan belajar bahasa inggris, kita sedari kecil sudah belajar baca tulis huruf alfabet. Jadi saat memulai belajar bahasa inggris kita sudah memiliki modal membaca dan menulis.

Read More

Menghafal Hiragana dan Katakana, adalah senjata utama kita dalam belajar bahasa jepang. Kalau diawal pondasinya sudah kuat, maka kedepannya saya sakin akan mudah mempelajari bahasa jepang.

Seperti yang akan saya tulis kali ini, yaitu tentang daftar huruf hiragana lengkap yang harus anda kuasai. Pada postingan yang pertama ini, saya hanya akan memberikan secara garis besarnya saja.

Untuk cara penulisan huruf hiragana secara terperinci tiap hurufnya, akan saya lanjutkan di kesempatan yang lain karena akan memakan banyak waktu dan halaman.

Dalam huruf hiragana sendiri terbagi menjadi 3 kelompok huruf, yaitu huruf standar, tenten maru, dan yoon. Secara keseluruhan, pelafalan bunyi huruf hiragana ada 104. Diantaranya 46 huruf dasar atau standar bervokal a i u e o, 25 huruf tenten maru, dan 33 huruf yoon. daftar lengkapnya sebagai berikut.

baca juga ” Ungkapan Yang Sering Dipakai Dalam Percakapan Sehari-hari “

Huruf Hiragana Utama atau Standar

あ aい iう uえ eお o
か kaき kiく kuけ keこ ko
さ saし shiす suせ seそ so
た taち chiつ tsuて teと to
な naに niぬ nuね neの no
は haひ hiふ fuへ heほ ho
ま maみ miむ muめ meも mo
や yaゆ yuよ yo
ら raり riる ruれ reろ ro
わ wa

を wo
ん n

Daftar diatas adalah huruf hiragana dasar yang nantinya bisa membentuk huruf lain dengan ditambahkan tenten, maru, atau digabung dengan huruf ya yu yo kecil.

Catatan :

  • Dalam deretan H tidak ada huruf “hu”, melainkan huruf “fu”
  • Dalam deretan T juga tidak ada huruf “ti” dan “tu”, melainkan huruf “chi” dan “tsu”
  • Huruf を dibaca dengan bunyi “o”. Huruf ini hanya berfungsi sebagai partikel dan tidak digunakan dalam penulisan kosakata. (Tentang partikel を akan dijelaskan dipostingan materi) 
  • Huruf ん dibaca ng, akan tetapi bila bertemu huruf B atau P bunyinya berubah menjadi “m”. Meskipun begitu, dalam penulisan romaji atau alfabet tetap ditulis dengan huruf “N”. Contoh : げんき (baca: gengki),  ほん (baca:hong),  せんぱい (baca:sempai),  てんぷら (baca:tempura)

Huruf Hiragana Tenten dan Maru

Kelompok huruf berikutnya adalah kelopok tenten maru, yaitu dengan menambahkan tanda tenten(“) dan maru(o) pada huruf hiragana utama. Namun hanya deretan K, S, T, H saja yang bisa dipasangkan dengan tenten dan maru.

が gaぎ giぐ guげ geご go
ざ zaじ jiず zuぜ zeぞ zo
だ daぢ jiづ zuで deど do
ば baび biぶ buべ beぼ bo
ぱ paぴ piぷ puぺ peぽ po

Catatan:

Meskipun terdapat 2 huruf vokal sama “ji”, penggunaannya pun berbeda tergantung kosakatanya. Begitu pula huruf “zu”. Tetapi yang sering dipakai adalah yang berasal dari deretan hiragana sa shi su se so yaitu じ dan ず.

Contoh kata yang menggunakan huruf  ji ぢ dan zu づ

はなぢ (hanaji)   つづく(suzuku)

Selain itu yang paling banyak salah atau terbalik adalah antara penggunaan tenten dan maru pada ba bi bu be bo dan pa pi pu pe po. Disinilah biasanya terdapat banyak kesalahan penulisan.

Huruf Hiragana Yoon

Huruh hiragana yoon adalah huruf yang terbentuk dari gabungan huruf utama dengan huruf ya yu yo kecil. Penulisannya pun juga harus kecil, tidak boleh sama dengan huruf utama.

きゃ kyaきゅ kyuきょ kyo
しゃ shaしゅ shuしょ sho
ちゃ chaちゅ chuちょ cho
にゃ nyaにゅ nyuにょ nyo
ひゃ hyaひゅ hyuひょ hyo
みゃ myaみゅ myuみょ myo
りゃ ryaりゅ ryuりょ ryo
ぎゃ gyaぎゅ gyuぎょ gyo
じゃ jaじゅ juじょ jo
びゃ byaびゅ byuびょ byo
ぴゃ pyaぴゅ pyuぴょ pyo

Catatan:

PENTING ! Yang membentuk huruf yoon HANYA yang bervokal “i”dan TIDAK bisa menggunakan vokal yang lain. Pada bagian ini juga paling banyak terjadi kesalahan. Jadi sebaiknya juga sering-sering berlatih khususnya pada huruf Yoon ini.

Aturan Penulisan Konsonan Ganda dan Vokal Panjang


Sokuon

Adalah penulisan dalam huruf hiragana yang menggunakan huruf konsonan ganda. Dalam penulisan hiragana dituliskan dengan menambahkan huruf “tsu” kecil (っ) sebelum huruf konsonan.

Contoh :

  • きっぷ  (kippu) = tiket
  • きって  (kitte) = perangko
  • しゅっぱつ  (shuppatsu) = keberangkatan

Namun dalam kasus konsonan gandanya huruf N, maka penulisannya tidak menggunakan “っ” kecil, tetapi menggunakan ん.

Contoh:

  • こんにちは  (konnichiwa) = selamat siang  —- hiragana “ha” tetapi dibaca “wa”

Chouon

Adalah cara penulisan vokal panjang atau ganda dalam huruf hiragana. Cara penulisannya cukup mudah hanya menambahkan huruf vokal あいうえお dibelakang huruf yang bervokal ganda. Ukurannya pun sama dengan huruf yang lain tidak seperti huruf Yoon.

Contoh:

  • かわいい  (kawaii) = Lucu, imut
  • おかあさん  (okaasan) = Ibu
  • いいえ   (iie) = Tidak

Begitulah penjelasan singkat mengenai Daftar huruf hiragana lengkap yang bisa saya tulis. Anda bisa mengikuti pelajaran belajar bahasa jepang secara otodidak ini dengan cara bergabung ke Grup Facebook ” Belejar Bahasa Jepang Otodidak ” atau bisa juga subscribe menggunakan email langganan dibagian paling bawah halaman ini. Sampai jumpa di materi selanjutnya dan semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment