Tes Keterampilan Tokutei Ginou Bidang Budidaya Ikan

  • Whatsapp
tokutei ginou budidaya ikan

Jadwal Tes Keterampilan SSW Bidang Perikanan

Program tokutei ginou atau di Indonesia disebut dengan Specified Skill Worker adalah program pemerintah Jepang untuk menerima tenaga kerja asing dengan keahlian khusus. Berbeda dengan program Ginou jisshu atau pemagangan, untuk mengikuti program ini diharuskan lulus tes keterampilan bidang pekerjaan dan juga lulus ujian kemampuan bahasa Jepang standar JLPT N4 atau JFT-Basic A2.

baca juga “Kualifikasi Tes Dalam Negeri Jepang Akan Diperluas

Read More

Dalam program tokutei ginou ini, terdapat 14 bidang pekerjaan yang bisa diikuti. Salah satunya adalah bidang Gyogyou atau perikanan. Sedangkan dalam bidang perikanan sendiri terbagi menjadi 2 sektor pekerjaan, yaitu kapal nelayan (menangkap ikan) dan Akuakultur (budidaya ikan).

Tes keterampilan sektor kapal ikan sendiri sudah dilaksanakan pada bulan Januari lalu. Sedangkan untuk bidang budidaya ikan akan dilaksanakan pada bulan maret 2020. Berbeda dengan tes keterampilan bidang yang lain, tes keterampilan bidang perikanan akan dilaksanakan langsung oleh Japan Fisheries Association. Sehingga tidak perlu memiliki ID prometric seperti pada ujian bidang yang lain.

Bagi anda yang berminat mengikuti tes keterampilan bidang perikanan khususnya sektor budidaya ikan, garis besar pelaksanaan tes adalah sebagai berikut,


Update 14 Maret : Penambahan waktu pendaftaran hingga 16 Maret


Skill Test Bidang Budidaya Ikan

Tempat Tes:

  • DKI Jakarta : Sekolah Tinggi Perikanan — Jl. Aup Bar. Jl. Raya Ps. Minggu, RT.1/RW.9, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu,Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12520
  • Jawa Timur : Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo. Jl. Raya Buncitan, Gedangan, Dusun Kp. Baru, Buncitan, Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61254

Tanggal Pelaksanaan :

  • DKI Jakarta : 17 Maret 2020 (Pendaftaran dibuka tanggal 2-16 Maret 2020)
  • Jawa Timur : 18 Maret 2020 (Pendaftaran dibuka tanggal 2-16 Maret 2020)

Persyaratan Umum :

  • Berusia minimal 18 tahun
  • Pendidikan minimal SMA/SMK
  • Mengerti Bahasa Jepang (karena soal tes menggunakan bahasa Jepang)
  • Tidak harus berpengalaman dalam perikanan

Lingkup Soal Ujian :

Biaya Pendaftaran :

Biaya pendaftaran belum diketahui secara pasti. Tetapi jika melihat dari ujian sektor kapal nelayan yang dilaksanakan sebelumnya, biaya pendaftaran kisaran Rp460.000. Untuk biaya ujian budidaya ikan mungkin bisa lebih tinggi atau lebih rendah.

Untuk lebih jelasnya, anda bisa langsung menanyakan kepada panitia penyelenggara melalui website tokuteiginougyogyo.org.

Ujian keterampilan perikanan ini terbuka untuk siapa saja. Anda bisa mendaftar meskipun belum memiliki pengalaman dibidang perikanan sebelumnya. Yang penting anda bisa mengerjakan soal-soal yang diberikan.

Satu hal yang harus digaris bawahi bahwa tes keterampilan ini hanya untuk sertifikasi bahwa anda layak untuk bekerja di Jepang pada bidang perikanan. Bukan tes penempatan kerja. Sehingga lulus dalam tes ini tidak menjamin anda berangkat kerja ke Jepang.

Yang menentukan keberangkatan kerja ke Jepang adalah hasil tes interview anda dengan dengan perusahaan di Jepang. Anda bisa meminta bantuan penyalur atau lpk untuk menjembatani anda dengan perusahaan Jepang. Atau bisa juga dengan melamar lowongan pada website ayokitakerja.kemnaker.go.id.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *