Materi Tes Keterampilan Perawat atau Kaigo Bahasa Indonesia dan Inggris

  • Whatsapp
modul kaigo bahasa indonesia

Update Materi Skill Test Kaigo atau Perawat Lansia

Dalam program tokutei ginou, bidang careworker atau perawat lansia adalah bidang yang paling banyak diminati di Indonesia. Hal tersebut ditunjukkan dengan banyaknya jumlah peserta yang mengikuti tes keterampilan yang diadakan beberapa waktu lalu.

Tercatat ada 489 peserta yang telah mendaftar dalam tes keterampilan perawat dan 442 mendaftar dalam tes kecakapan bahasa Jepang bidang perawat. Namun dari sekian banyak peserta yang mengikuti skill test tersebut, hanya 50% saja yang berhasil lolos. Atau lebih tepatnya 214 orang dalam tes keterampilan perawat dan 241 orang dalam tes kecakapan bahasa Jepang bidang perawat.

Read More

UPDATE 1 April : Versi Bahasa Indonesia Sudah Tersedia

baca juga Jadwal Ujian Tokutei Ginou Bulan April dan Mei

Rendahnya persentase kelulusan tersebut mungkin dipengaruhi beberapa hal. Pertama karena tes keterampilan ini baru pertama kali diadakan di Indonesia. Yang mana para peserta belum mengetahui gambaran soal yang akan diujikan. Terlebih bidang yang diujikan adalah bidang perawat lansia, yang mana materinya berbeda dengan materi perawat pada umumnya.

Penyebab lain yang mungkin menjadi hambatan bagi para peserta adalah tidak adanya modul atau materi yang dikeluarkan oleh pemerintah Jepang. Berbeda dengan bidang-bidang lain seperti pertanian dan industri makanan minuman yang disediakan modul atau text book materi soal. Sehingga memberi kemudahan bagi peserta dalam mengerjakan soal ujian.

Modul Bidang Perawat / Kaigo Versi Bahasa Inggris

Sebenarnya sejak program tokutei ginou diresmikan, pihak kementrian kesehatan Jepang telah menyediakan materi pembelajaran yang bisa di download secara gratis. Namun sayangnya materi yang diterbitkan hanya tersedia dalam bahasa Jepang. Tentu bagi anda yang baru sedikit mengerti bahasa Jepang akan kesulitan dalam mempelajarinya.

Tapi sekarang anda tidak perlu khawatir. Karena kementrian kesehatan Jepang telah menerbitkan materi bidang perawat lansia dalam bahasa Inggris. Meskipun belum dalam bahasa Indonesia, tapi setidaknya bisa memberi gambaran tentang soal yang akan diujikan. Kedepannya pemerintah Jepang juga akan menerbitkan dalam bahasa lain, antara lain Bahasa Indonesia, Nepal, Myanmar, Vietnam, China, dan Thailand.

Materi kaigo versi bahasa Inggris bisa anda dapatkan secara gratis dibawah ini.

Ikuti terus update terbaru materi skill test dan Informasi lainnya tentang tokutei ginou bersama Djafun.com. Atau bisa juga dengan mengikuti fanpage facebook IDmarimo. Semoga bermanfaat,,,

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *