Bahasa Jepang Selamat Pagi, Siang dan Malam

  • Whatsapp
Bahasa jepang selamat pagi siang dan malam

Selamat Pagi, Siang, Sore dan Malam Dalam Bahasa Jepang

Orang Jepang terkenal dengan sifatnya yang ramah kepada orang lain. Sama halnya dengan orang Indonesia dimata orang asing.

Namun meskipun sama-sama dinilai sebagai orang yang ramah, ada satu hal yang membuat orang Jepang terkesan lebih ramah dibandingkan orang Indonesia. Yaitu kebiasaan mengucap salam sapaan ketika bertemu dengan orang lain.

Read More

Di Jepang, memberikan salam kepada orang lain adalah sebuah bentuk penghormatan. Tak hanya memberi salam kepada orang yang kedudukannya lebih tinggi saja, sesama keluarga atau teman akrab pun sudah menjadi hal yang lumrah.

Bahkan jika kita tidak mengucapkan salam saat membuka percakapan dengan orang lain, kita dianggap kurang sopan. Dan bisa-bisa hubungan kita dalam satu hari tersebut akan menjadi kurang baik.

Nah, agar hubungan kita dengan orang Jepang selalu baik, kita harus mengetahui salam sapaan yang sangat mendasar dalam kehidupan sehari-hari di Jepang. Yaitu Ucapan selamat pagi, selamat siang, selamat malam dalam bahasa Jepang.

Selamat Pagi Dalam Bahasa Jepang

Di Jepang, batasan waktu pagi agak berbeda dengan di Indonesia. Jika di Indonesia batasan waktu pagi adalah setelah lewat jam 00.00 malam, di Jepang batasan pagi adalah setelah bangun tidur.

Setelah bangun tidur dan bertemu dengan anggota keluarga yang lain, orang jepang biasanya langsung mengucapkan ucapan selamat pagi, yaitu “Ohayou“. Baik orang tua pada anak atau sebaliknya.

Ucapan “ohayou” ini adalah ucapan informal atau ucapan untuk orang yang sudah akrab atau diucapkan oleh atasan kepada bawahannya di tempat kerja.

Sedangkan bentuk formal atau sopan dari “ohayou” adalah “Ohayou Gozaimasu“. Bentuk formal ini dipakai saat kita menyapa atasan kita, menyapa orang yang baru kita kenal, dan menyapa orang yang kita hormati.

Lalu apa bahasa jepang “selamat pagi semuanya” saat ingin menyapa orang banyak? Jika ingin mengucapkan seperti itu, hanya tinggal menambahkan kata “minna” atau “minasan” yang berarti “semua orang”.

Sehingga menjadi “Ohayou minna” (informal) atau “Minasan ohayou gozaimasu” (formal)

Waktu Penggunaan Salam Sapaan “Ohayou Gozaimasu

Meskipun “ohayou gozaimasu” berarti selamat pagi yang batas waktunya sekitar jam 10.00-11.00 siang, namun terkadang juga dipakai diwaktu yang lain baik siang maupun malam. Alasannya adalah agar saat melakukan aktifitas selalu semangat seperti dipagi hari.

Terkadang pengucapan kata “ohayou” bisa bermacam-macam tergantung situasi dan lawan bicara. Misalnya saat dipabrik, orang-orang hanya menyapa dengan mengatakan “osh” yang intinya sama saja dengan “ohayo

Selamat Siang Dalam Bahasa Jepang

Salam yang digunakan saat menyapa disiang hari pada umumnya adalah “konnichiwa” yang jika ditulis dalam hiragana menjadi “こんにちは”.

Jika anda sudah bisa membaca huruf hiragana pasti akan sedikit bingung dengan penulisan tersebut. Karena jika dibaca apa adanya, tulisan tersebut akan berbunyi “konnichiha“.

Kenapa penulisannya menggunakan huruf hiragana “ha” tetapi dibaca dengan “wa“?

Karena pada dasarnya, huruf “は” dalam tulisan “konnichiwa” adalah sebuah partikel. Dalam bahasa Jepang partikel “は” digunakan sebagai penanda topik suatu pembicaraan.

Jadi kata “konnichi ha” sendiri jika diartikan secara umum berarti “hari ini……”. Yang mana makna dari kata ini adalah membicarakan hal tentang hari ini.

Menurut cerita dari sensei saya yang orang Jepang, dahulu kata “konnichiwa” sering diucapkan dengan tambahan frasa dibelakannya. Frasa tersebut biasanya menanyakan kabar atau kondisi tentang hari ini, seperti “konnichi wa gokigen ikaga desuka“, atau ungkapan yang lain. Namun lambat laun ungkapan salam tersebut disingkat menjadi “konnichiwa” saja.

Kapan Salam Sapaan “Konnichiwa” Digunakan?

Secara umum, salam “konnichiwa” diucapkan antara jam 11.00 siang hingga waktu matahari akan terbenam. Karena itulah tidak ada salam ucapan khusus “selamat sore” dalam bahasa Jepang.

konnichiwa” selain memiliki arti selamat siang, bisa juga di artikan dengan “halo” atau “hai”. Maka tak jarang jika salam sapaan ini sering diucapkan dimalam.

Selain itu “konnichiwa” bisa juga diartikan dengan “selamat sore” karena memang tidak ada salam khusus “selamat sore” dalam bahasa jepang.

Berbeda dengan “ohayou” atau “ohayou gozaimasu“, “konnichiwa” tidak diucapkan kepada keluarga sendiri, orang yang sudah akrab, atau orang yang sering bertemu.

Pemakaiannya biasanya diperuntukkan kepada tetangga, guru, tamu dan orang lain yang jarang ditemui.

Selamat Malam Dalam Bahasa Jepang

Bahasa Jepangnya “selamat malam” adalah “Konbanwa” atau “こんばんは”. Sama halnya dengan “konnichiwa“, huruf “は” pada kata “konbanwa” adalah partikel penanda topik.

Asal mula penyebutannya pun juga sama dengan “konnichiwa“. Dahulu setelah kata “konbanwa” juga sering ditambah dengan frasa yang menanyakan kabar tentang malam ini. Namun kini penyebutannya dipersingkat agar mudah diucapkan.

Waktu Penggunaan Salam “Konbanwa

Batasan waktu penggunaan “konbanwa” adalah mulai dari matahari terbenam hingga tengah malam.

Tidak ada aturan mulai jam berapa hingga jam berapa salam “konbanwa” digunakan, karena perbedaan waktu matahari terbenam dimusim dingin dan musim panas terpaut sangat jauh.

Jika di musim dingin jam 17.00 sore matahari sudah mulai terbenam, lain halnya saat musim panas. matahari tenggelam sekitar jam 19.00. Oleh karena itu patokannya adalah ketika hari sudah mulai gelap.

Meskipun “konbanwa” berarti selamat malam, salam ini tidak bisa digunakan saat perpisahan akan tidur malam. Ucapan saat akan tidur atau istirahat dalam bahasa Jepang adalah “Oyasumi” atau “Oyasuminasai“.

Ungkapan-ungkapan lain yang biasa dipakai dalam kehidupan sehari-hari, bisa anda baca di materi kita sebelumnya.

Itulah 3 salam sapaan yang paling mendasar dalam bahasa Jepang. Sebaiknya anda memahami betul tentang kapan dan kepada siapa salam sapaan tersebut dipakai. Karena dengan memberikan salam yang benar, akan membuat hubungan kita dengan orang Jepang menjadi lebih baik.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *