Warna Dalam Bahasa Jepang Lengkap Hiragana Kanji

  • Whatsapp
warna-warna bahasa jepang

Dalam belajar bahasa jepang dasar untuk pemula, ada banyak sekali materi-materi yang sangat mendasar. Salah satunya adalah tentang kosakata yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Kosakata mendasar yang harus dipelajari diawal sebagai contohnya adalah materi angka, hari, tanggal, warna, dan masih banyak lainnya.

Read More

Beberapa materi tersebut sudah saya bahas dalam postingan sebelumnya. Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan membahas dengan singkat mengenai nama-nama warna dalam bahasa jepang.

Dalam bahasa Jepang, warna disebut dengan “iro” “色”. Oleh karena itu banyak penyebutan warna yang berakhiran dengan kata “iro“. Terlebih dalam penyebutan warna-warna turunan dari warna utama.

Warna-Warna Utama Dalam Bahasa Jepang

Warna utama yang dimaksud disini adalah warna yang umum dipakai atau ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Untuk lebih jelasnya lihat tabel dibawah ini.

WarnaRomajiHiraganaKanji
hitamkuroiくろい黒い
putihshiroiしろい白い
coklatchairoちゃいろ茶色
merahakaiあかい赤い
pinkpinku/momoiroピンク・ももいろ桃色
orangeorenjiオレンジ
kuningkiiroきいろ黄色
hijaumidoriみどり
biruaoiあおい青い
ungumurasakiむらさき
abu-abuhaiiroはいいろ灰色
silverginiroぎんいろ銀色
emaskiniroきんいろ金色

Cara Penggunaan Kata Warna

Dalam beberapa bahasa, kosakata warna biasanya dimasukkan dalam kategori kata sifat. Begitupun dalam bahasa jepang, beberapa kosakata warna juga tergolong dalam kata sifat yaitu kata sifat “i”.

Misalnya kata shiroi (putih), jika digabungkan dengan kata benda (misalnya “hana/bunga”), maka cara penggunaanya sama dengan kata sifat “i” pada umumnya menjadi “shiroi hana“.

Tetapi terdapat perbedaan saat menggunakan warna yang tidak termasuk dalam kata sifat “i”. Seperti kata midori, murasaki, momoiro, dan warna lainnya.

Cara menggunaannya adalah dengan menambahkan partikel “の/no” sebagai penghubung kata tersebut. Sebagai contoh kata “murasaki (ungu)” dan “hana (bunga)”, jika kita ingin mengatakan “bunga ungu” dalam bahasa jepang, maka akan menjadi “murasaki no hana“.

Warna Dalam Bahasa Jepang Lengkap

Berikut ini adalah warna-warna turunan yang lebih spesifik yang juga digunakan sehari-hari. Warna-warna ini biasanya merujuk pada warna suatu benda, sehingga tak jarang jika penamaannya juga menjatumkan nama bendanya.

biru muda biru tua dalam bahasa jepang
macam-macam warna merah bahasa jepang
hijau muda hijau pupus dalam bahasa jepang
macam-macam warna kuning dalam bahasa jepang
macam jenis warna coklat bahasa jepang

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *